koneksi matlab dan mysql

Monday, July 19, 2010


      Dua hari terakhir ini saya sibuk mencari bagaimana koneksi matlab dengan oracle,tapi karena saya tidak menemukan akhirnya saya memutuskan untuk mengganti oracle dengan mysql. Hal ini dikarenakan skripsi saya mengenai 'pengenalan tulisan tangan menggunakan ekstraksi ciri berbasis chain code dan pola segmen' dimana saya akan membuat sebuah aplikasi mengenai pengenalan tulisan tangan menggunakan software matlab. Awalnya saya berfikir tidak akan berhuubungan dengan database, ternyata saya membutuhkan database untuk menyimpan hasil segmentasi dan nilai chain code.
      Cari dan cari, cukup susah sih mencari situs situs yang membahas mengenai koneksi matlab dan mysql. Ternyata ada beberapa teman dari anak negeri sendiri yang pernah melakukan koneksi tersebut. Saya akan mencoba membagi pengetahuan mengenai koneksi tersebut. Saat ini saya menggunakan matlab 7.1 dan xampplite 1.7.2. tapi ada beberapa yang sudah mencoba d matlab R2006 dan R2007 dan berhasil.
  1. instalasi matlab.
  2. instalasi xampplite.
  3. download jdbc driver disini
  4. download file untuk konektor disini
  5. extract jdbc driver dan copy didalam file instalasi matlab\java\jarext
  6. extract file konektor dan copy ke file instalasi matlab\toolbox\local\
  7. kemudian buka classpath.txt di matlab\toolbox\local\classpath.txt
  8. tambahkan $matlabroot/java/jarext/mysql-connector-java-3.1.12-bin.jar dibawah tulisan  $matlabroot/java/jarext/xml-apis.jar
  9. Untuk mencoba koneksi buka command window pada matlab dan ketikkan perintah mysql('open','localhost','username','password');  digunakan untuk membuka koneksi matlab dengan mysql.
  10. mysql('use','namadatabase');  untuk menentukan database.
  11. mysql('SELECT * FROM namatable'); untuk memilih table.
  12. semua perintah untuk insert,delete dan lainnya sama seperti perintah sql biasa. 
  13. semoga bermanfaat,jika ada yang ingin d tanyakan silahkan atau bisa email ke amethyst_gerrard@yahoo.com









     

You Might Also Like

1 comments

  1. mau tanya nech....

    kira2 lok matlab 6.5 bisa gak ya koneksi ke MYsql???

    q lg perlu bamget nich...

    ReplyDelete

Instagram